Minggu, 10 Agustus 2014

Manga: Oboreru Knife (Shattered Knife)




Released:
2005
Author(s):
George Asakura
Artist(s):
George Asakura
Genre(s):
DramaPsychologicalRomanceSchool LifeShoujoSlice Of Life

Status:
Ongoing, 

Oboreru Knife 33

 is coming next...
Rank:
1088th, it has 65,942 monthly views.
Rating:
Average 4.81 / 5 out of 380 total votes.(sumber: Mangafox)

Oboreru Knife, atau kalau versi yang dijual di Indonesia judulnya Shattered Knife (Pisau yang hancur?), adalah manga karya Goerge Asakura-sensei. Kira-kira setahun yang lalu, pas saya lagi jalan-jalan di sebuah pusat perbelanjaan, saya menemukan komik ini di antara tumpukan buku-buku yang udah ga bisa kejual lagi karena dalemnya cacat atau gimana gitu. Banyak banget komik edisi broken yang dijual dan sepertinya udah ga ditemuin lagi di toko buku semacam gramedia, de el el. Karena

kondisinya masih bagus dan kayaknya ceritanya juga menarik, akhirnya saya beli. Lumayan dapet komik seharga 10.000 (padahal harga aslinya 18.500).




Pas nyampe rumah, langsung saya baca sampe abis. tapi... nahloh, kok bersambung? saya baru sadar kalau ceritanya berseri -_- diliputi rasa penasaran, saya pun baca chapter selanjutnya secara online. Dan... wow! manga ini langsung masuk dalam list manga favorit saya :3 kalau sekarang sih cari di situs mangafox atau sejenisnya masih volume 9 chapter 32, padahal beberapa bulan lalu waktu saya mampir ke gramedia saya nemu oboreru knife chapter 12 nya -_- kalau dihitung misalnya 1 volume ada 4 chapter, berarti antara volume 9 sama volume 12 itu bedanya sekitar 8 chapter -_- gillak! jauh banget, udah missing banget ceritanya -_- saya tanya chapter sebelumnya katanya udah ga ada stok. yasudahlah bersabar saja nunggu kelanjutanya T_T


Yang bikin saya jatuh cinta sama manga ini adalah art dan ceritanya. Gambar George Asakura-sensei di manga ini bener-bener indah. sosok Natsume digambarkan sangat cantik. Dan feel cerita ini tuh berasa banget, sampe teriak-teriak bacanya (oke lebay), tapi serius, saking tidak bisa menahan perasaan doki-doki di kokoro ini, wkwk.


Ceritanya... berawal dari seorang anak perempuan yang sudah menjadi model di usia yang masih belia bernama Mochizuki Natsume. Natsume di komik ini ceritanya tidak terlalu cantik, cuma karena gayanya yang dewasa sehingga karirnya cepat meroket. suatu hari, ayahnya datang tergesa-gesa membawa koper bersama ibu dan adik laki-lakinya. Ayahnya mengharuskan Natsume ikut pulang ke kampung karena masalah penting. Mau tidak mau Natsume ikut pulang kampung dan akhirnya ia terpaksa tinggal di sana dan meninggalkan karir modelling nya. Ia yang duduk di bangku kelas 6 SD pun harus rela pindah sekolah di kampung dan bermain dengan anak-anak kampung.


Suatu malam, Natsume yang terbangun pergi ke kuil di pinggir laut. Padahal teman-temannya sudah memberitahu kalau tempat itu angker dan ada dewa yang tinggal di sana. Pas lagi duduk-duduk, tiba-tiba ia mendengar suara. Dia mengira kalau itu adalah dewa yang katanya tinggal di sana. Tiba-tiba muncul seorang anak laki-laki yang tiba-tiba ngasih lobster ke Natsume -_- Natsume pun mengira anak laki-laki itu adalah "dewa" yang mendiami tempat itu.


Tak berapa lama, Natsume pun tahu kalau anak itu adalah teman sekelasnya yang terkenal bandel bernama Kou. Kou sendiri adalah anak dari keluarga Hasegawa, semacam royal family gitu di kampungnya. Hubungan mereka pun makin dekat, sampai-sampai Natsume mengajak Kou buat kabur ke Tokyo agar Natsume bisa melakukan pemotretan lagi. Scene yang paling bikin doki-doki adalah, ketika mereka pulang naik kereta, tiba-tiba Kou mendekatkan wajahnya ke Natsume. Di situ Kou nya ganteng banget! OAO

Tapi kisu itu pun tidak jadi karena Natsume malu. Ya wajar sih ._.

Hubungan Kou dan Natsume di sini rumit banget. awalnya kayaknya Kou cuma main-main sama Natsume, akhirnya mereka pun pacaran. Di sini mulai rumit. Si Natsume mulai menjadi menyebalkan karena konflik batin yang berlarut-larut. Bahkan pada saat Natsume hampir diperkosa ia malah menyalahkan Kou yang datang terlambat, dia pengen Kou menghajar si pemerkosa di depan matanya. padahal dia tidak tahu perjuangan Kou buat nyelametin dia. Kou sendiri mungkin merasa malu tidak bisa menyelamatkan Natsume.


Yang saya sukai dari manga ini adalah, art-nya yang indah dan ceritanya yang terasa realistis. Bagaimana George Asakura-sensei menggambarkan kisah cinta anak abege di masa awal-awal SMP. Bagaimana George Asakura-sensei menggambar transformasi tokoh dari yang masih kecil nan imut-imut jadi dewasa. Bahkan tokoh Ootomo yang saya kira tidak bakal punya peran apa-apa tiba-tiba tumbuh menjadi pemuda tampan yang nantinya akan menjadi pacar Natsume (spoiler :P), atau sosok Kana yang gendut -yang sangat menyukai Kou meski terus di-bully- bisa berubah jadi gadis cantik dengan diet ketat lalu bisa dekat dengan Kou (saya juga tidak tahu bagaimana ceritanya, soalnya baca yang raw berbahasa Jepang T_T)


Di saat Kou dan Natsume putus karena alasan yang saya ga ngerti (kalau tidak salah ingat setelah insiden pemerkosaan itu, Natsume merasa dirinya berubah akibat trauma, padahal Kou nya udah sabar banget), saya mulai tidak terlalu ngerti sama jalan ceritanya ._. Tiba-tiba Kou jadi berandalan, dan perasaan Natsume paling absurd di sini. Dia masih suka sama Kou, tapi di saat yang sama dia merasa suka juga sama Ootomo. Ootomo sendiri menurut saya bisa membuat Natsume bahagia. Setiap Natsume bersama Ootomo, dia merasa nyaman dan bisa menjadi dirinya sendiri.


Ootomo itu menurut saya  tipe orang yang "aku rapopo", mencintai tidak harus memiliki, mungkin itu yang pas sama Ootomo. Dia suka sama Natsume, tapi di satu sisi dia seperti berusaha mendekatkan Kou dengan Natsume lagi. Entahlah, setidaknya itu yang saya baca di chapter terbaru ._.


Di sini saya pun bimbang. Ootomo bisa membuat Natsume bahagia, tapi saya berharap di akhir Natsume bisa bersama Kou. Karena they deserve it. Ya itu menurutku sih xD


Sekian ulasan saya tentang Oboreru Knife. Bagi yang suka shoujo manga yang beda, sangat recommended buat baca ini. di sini kalian ga bakal nemuin cerita mainstream di mana si tokoh utama bertemu cowok tampan dan dimulailah kisah lovey-dovey yang konfliknya itu-itu aja xD sebagai penutup saya kasih spoiler scene-scene yang saya suka, muehehe



Chapter 3: Kou nya keren banget OAO


chapter 32: Ootomo QAQ


Spoiler cover volume 17. ITU KOU!? OAO









9 komentar:

  1. kak, makasih banget buat ulasan dan spoilernya X"D
    lagi nyari, soalnya mau ada LAnya yg diperanin idol kesukaanku (Shigeoka Daiki jadi Ootomo)~
    sankyuuu :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe sama-sama :) sebenernya ini iseng karena tangan gantel pengen nulis ulasan komik keren yang satu ini hehe.
      makasih udah berkunjung dan infonya, aku juga baru tau kalo mau ada LA nya. ureshii xD

      Hapus
  2. Btw bisa ceritain ending ver manga nya ga? Sama kaya di LA nya apa ga ya?
    Soalnya rada gagal paham sama ending LA nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya gagal paham sama keseluruhan ceritanya.. hahaha

      Hapus
    2. hai Orin shia... cerita di manganya harusnya sudah selesai, cuman saya blm ketemu traslate b. inggrisnya, intinya pasti LA dan manga jelas jauh berbeda. saya juga kecewa LA nya gitu amat hahaha

      Hapus
  3. Baru aja nonton LA nya tapi kok bener2 gagal paham ya dari tengah sampai akhir
    Awal2 nya sih oke tp lama2 mulai tengah mulai nongol bingungny
    Endingnya tambah bikin geleng2 g paham sm ceritanya
    Butuh pencerahan ttg endingnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha aku juga gagal paham kenapa beda banget LA sama manganya dan jujur sedikit kecewa, padahal cast nya udah bagus. mending kamu baca aja manganya biar lebih kerasa feelnya. btw saya juga blm nemu translate manga ini. yup hubungan natsume dan kou memang rumit bgt, tapi ga seaneh kayak di LA.
      kapan-kapan saya ulas compare LA dan manganya.

      Hapus
  4. Kak,ada saran situs tempat baca manganya gak kak?

    BalasHapus
  5. Keren banget kak, habis nonton LA nya jadi penasaran banget sama akhir komiknya :"), habis baca komiknya ga kalah kereenn

    BalasHapus